Waduh! Benda ini Lebih Jorok dari Kloset dan Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Sumber gambar: anaxkolonx

Benda jorok biasanya identik dengan keberadaan dan fungsi dari benda tersebut, seperti kloset untuk buang air, truk sampah untuk mengangkut limbah atau sandal jepit untuk alas kaki.

Lalu bagaimana jika ada benda yang statusnya bisa lebih jorok padahal keberadaanya jauh dari kotoran layaknya kloset. Mengetahui akan hal ini mungkin Anda akan terkejut dan tidak menyangka. Berikut tiga benda tersebut:

1. Smartphone


sumber gambar: techno.id

Kamu mungkin gak menyangka kalau smartphone merupakan salah satu benda yang lebih jorok dari kloset. Smartphone berstatus seperti itu tidak terlepas dari kita sebagai menggunakannya yang main hajar saat menggunakan tanpa memikirkan apakah tangan dalam keadaan bersih atau kotor.

Tangan merupakan perantara bibit penyakit paling aktif selain udara dan air, melalui tangan juga bakteri yang seharusnya tidak bisa menempel di smartphone bisa terjadi.

Alangkah baiknya sebelum / sesudah menggunakan smartphone mencuci tangan dengan sabun.

2. Cobek / Ulekan


Cobek atau ulekan adalah salah satu peralatan dapur andalan ibu-ibu rumah tangga di Indonesia yang digunakan untuk membuat sambal.

Sambal yang dibuat tanpa cobek akan terasa beda kenikmatannya, namun dari besarnya manfaat yang ada ternyata cobek / ulekan merupakan salah satu benda yang mengandung banyak bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar, terutama cobek / ulekan yang terbuat dari batu yang berpori.

Pori pada cobek akan terisi oleh sisa-sisa cabai yang merupakan makanan bagi bakteri pembusuk. Alangkah baiknya jika setelah menggunakan cobek / ulekan dicuci dengan air panas agar kotoran terangkat dan bakteri mati.


3. Spons


Spons merupakan daftar berikutnya yang menjadi benda paling jorok. Spons atau busa untuk mencuci piring faktanya menyimpan bahaya bagi kesehatan tubuh kita terutama bahaya pencernaan.

Ketika kita menggunakan spons untuk membersihkan peralatan dapur seperti wajan, piring, sendok, dan lain-lain maka kotoran akan berpindah ke spons. Ini disebebkan karena spons memiliki pori layaknya cobek.

Pori ini lah yang akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri berbahaya seperti Ecoli Sp., Salmonela Sp., dan sebagainya. bakteri-bakteri ini bisa menyebabkan sakit perut hingga kematian.

Oleh sebab itu bersihkan spons ketika habis digunakan dengan cara merendam kedalam air lemon + cuka, atau merebusnya di air mendidih. Namun perlu di ingat gunakan spons yang berbahan aman jika di panaskan. Karena ada bahan pembuatan sposn yang malah berbahaya ketika kena panas.


4. Pegangan Pintu /Handle


Ya, handle pintu merupakan salah satu benda yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Terutama handle yang berada di tempat-tempat umum seperti WC umum, Bus, Pintu hotel, pintu mall dan sebagainya.

Layaknya Smartphone, Handle juga merupakan benda yang selalu terpegang oleh tangan manusia baik tangan tersebut dalam keadaan kotor atau bersih. 

Bayangkan saja apabila ada seseorang yang habis bersin dan menutup hidung dengan tangan dan bila tangan tersebut belum dibersihkan lalu memegang salah satu handle di tempat umum maka kuman yang menempel akan melekat juga ke tangan orang lain.

Jika Anda beraktifitas ditempat umum usahakan cuci yang sehabis menggunakan fasilitas umum yang ada bisa dengan anti septik atau air yang mengalir.

Baca juga: cara meendeteksi kamera tersembunyi di WC umum. Ladies Masuk....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Fennycia Lim
AUTHOR
10/08/2019 11:54:00 PM delete

sabung ayam indonesia Terbesar & Terpercaya Indonesia !
Taruhan Sabung Ayam S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
Bonus 10% Deposit Pertama / Cashback 5% - 10%
Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita1.com
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Reply
avatar