Apa Saja yang Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Notebook

Minggu lalu saya sudah menampilan "Apa Saja yang Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Netbook" dan kali ini saya akan membahasa dengan judul yang sama namun mengenai kelebihan dan kekurangan Notebook.


Suatu Selogan yang berbunyi "kembali ke laptop", pasti sering kita dengar ketika menyaksikan acara di salah satu stasiun televisi nasional. secara tidak sadar mungkin slogan ini mampu mengunggah untuk mengetahui lebih jauh mengenai laptop atau dengan kata lain notebook. 


Hal dasar yang perlu kita ketahui pada sebuah notebook adalah prosessor, motherboard, harga, periperal pendukung, serta aplikasi yang bisa dijalankan pada laptop atau notebook. dengan mengetahui hal-hal dasar ini maka kita dapat menilai kelebihan dan kekurangan dari sebuah notebook.


Notebook juga memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut jabarannya untuk anda:


Kelebihan Notebook

  • Performa Lebih Cepat : Notebook menggunakan minimal prosessor Intel Dual Core atau merek lain yang selevel seperti AMD Athlon atau Turion. Kecepatannya sampai 2.1 Ghz atau lebih sehingga memungkinkan pengguna menggunakan notebook layaknya PC biasa untuk pekerjaan yang cukup berat. seperti desain grafis, video editing, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk pekerjaan yang multitasking, artinya kita dapat menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan

  • Ukuran Layar dan Keyboard yang lebih besar: Perbedaan mencolok yang dimiliki notebook adalah ukuran layar yang lebih besar (14 sampai 15 inch) menjadikan pengguna netbook tidak akan cepat lelah.

  • Pheriperal Lebih Lengkap: terdapatnya DVD-RW memungkinkan notebook dapat digunakan untuk burnning data ke kepingan CD.

  • Keyboard Lebih Nyaman di Gunakan: Ukuran keyboard pada notebook lebih besar sehingga jarak antara satu tombol dengan tombol lainya sangat nyaman digunakan sehingga pengguna sangat mudah dalam menggunakannya.


Kekurangan Notebook

  • Harga lebih mahal : Harga netbook dengan spesifikasi tinggi minimal 5 juta, harga tersebut tergolong mahal di masyarakat Indonesia. Solusinya adalah dengan membatasi fitur yang ada seperti RAM yang lebih kecil, ukuran Hard disk yang diperkecil atau membeli tanpa menggunakan OS (operating System).
  • daya tahan Baterai Kurang Lama: rata-rata Notebook memiliki daya tahan baterai 1-3 jam pemakaian penuh, sedangkan netbook dapat bertahan lebih lama 5-6 jam, namun ada yang lebih lama lagi yaitu Tablet PC dengan rata-rata daya tahan baterai sampai 7 jam. Cepat habisnya daya baterai pada notebook ini dikarenakan komponen hardware yang dimilikinya memakan banyak daya selain itu kegiatan entertainment juga akan menambah kinerja dari netbook tersebut sehingga daya baterai mudah habis.
  • Bobot lebih Besar dan Berat: karena dilengkapi dengan hardware yang cukup lengkap layaknya sebuah komputer desktop. Notebook memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan netbook, Apalagi jika dibandingkan dengan Tablet PC.
  • Kurang Portable: dengan ukuran notebook yang besar maka menjadi kekurangannya tersendiri, dimana akan sedikit merepotkan bagi anda yang sering bekerja keluar ruangan maupun yang memiliki mobilitas tinggi.


Oke demikianlah pos kali ini mengenai Apa Saja yang Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Notebook semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »