PANDUAN LENGKAP MEMBUAT BLOG DI BLOGGER BAGI PEMULA

Sumber gambar: www.archiveteam.org

Panduan lengkap cara membuat blog di blogger gratis bagi pemula-Saat ini ada banyak penyedia blog gratis yang dapat kita gunakan, cara mendaftar dan membuat blog nya-pun dapat di lakukan dengan mudah, cepat, dan gratis tak kecuali untuk pemula.

Platform blog gratis tersebut diantaranya: blogger.co.id, wordpress.com, blogdetik.com, kompasiana.com, mywapblog.com, blog.com, tumblr.com, dan sebagainya.

Namun untuk kali ini unix blog kom akan memberi tahu cara membuat blog di blogger dengan domain blogspot.com yang gratis dan mudah digunakan untuk para pemula bahkan yang baru memulai belajar blogger dari nol pun bisa!.
Pada panduan belajar blogger kali ini saya akan membahas beberapa materi diantaranya:

  • Pengenalan blog gratis blogger
  • Cara membuat email google untuk membuat blog di blogger
  • Cara membuat blog di blogger
  • Membuat postingan awal di blogger
  • Cara seting dasar blogger

Sebenarnya sudah ada banyak blog yang membahas mengenai judul ini seperti “cara membuat blog gratis”, “Cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula” “Cara membuat blog di blogspot lengkap dengan gambar” “Cara membuat blog gratis blogger dengan mudah dan cepat” dan masih banyak lagi.

Namun dari pengalaman saya dan teman-teman yang baru memulai terjun di dunia blogger belum ada yang memberikan panduan belajar blogger dari nol hingga bisa mandiri seperti yang di harapkan oleh/bagi pemula.

Ada, namun masih terpisah-pisah antara satu halaman dengan halaman lainya, hal ini membuat malas, dan ujungnya berhenti di jalan.

Padahal dari beberapa alasan para blogger pemula ingin terjun kedunia bloging karena ingin menjadi blogger yang mandiri dan tidak tergantung oleh blog lain.

Untuk itulah pos ini saya buat agar para blogger pemula yang benar-benar masih nol dalam dunia blogger mendapat kemandirian hanya dari 2-3 panduan saja.

Baca juga : Cara Membuat Fans Page Facebook di Blog Blogger dan Memasangnya

Nah Sekarang Mari Kita Bahas Sedikit Mengenai Blog Gratis Blogger. 


Ada 2 penyedia blog gratis yang sudah tersohor dan banyak di gunakan di jagad internet yaitu wordpress dan blogspot atau yang popular dengan sebutan blogger.

Sedangkan blog gratis lain yang cukup populer adalah tumblr, blog.com, blogdetik, kompasiana,  Mywapblog, etc. Setiap jenis blog ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung anda mau milih yang mana.

Karena kita masih pemula maka pilihlah blogspot/blogger.

Mengapa blogger?, karena blogger merupakan blog yang sangat baik untuk kita yang masih pemula. Blogger menyediakan tampilan dan fitur yang dapat kita gunakan dengan mudah meskipun kita baru pertama kali menggunakannya.

Wordpress juga mudah digunakan si, tapi untuk mendapatkan fitur yang maksimal kita harus pasang plugin dan untuk mendapatkan plugin tersebut kita harus menggunakan yang berbayar bukan yang gratis X_X.

Bukan masalah untuk yang berduit tapi bencana buat yang baru mulai ngeblog dari nol yang belum ada anggaran dana untuk membeli domain dan sewa hosting.  Namun jika anda ada uang tak masalah silahkan lakukan karena lebih baik begitu.

Nah sekarang anda telah sedikit paham mengapa harus memilih blog gratis blogspot dibandingkan pesaingnya. maka kita lanjut ke pembahasan utama.

Untuk membuat blog gratis blogger!, yang pertama-tama kita lakukan adalah memiliki akun email google terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki baca cara mendaftar dan membuat email gmail dan yahoo mail gratis disini.

Tapi ingat! Emailnya harus email google bukan yang lain seperti yahoo (ymail) atau Microsoft (hotmail) etc. Mengapa demikian? ini adalah platform milik google dan akan terkoneksi ke semua produk google.

Saya anggap anda disini belum meiliki email google, jadi saya akan membahasnya juga di postingan ini supaya lebih lengkap dan tidak melompat-lompat.

Jika anda sudah memiliki akun email google maka anda tidak perlu mendaftar akun baru lagi karena akun email tersebut sudah mencakup semua fasilitas di google termasuk mendaftar blogger.

Cara Membuat Email Google Gmail, Sebagai Langkah Awal Membuat Blog Gratis di Blogger


Untuk membuat akun email google lakukan tahapan berikut ini:

  1. Kunjungi link gmail berikut ini: http://gmail.com di browser
  2. Klik create new account/ buat akun baru
  3. Ini biodata yang di mita google, seperti gambar berikut:

Untuk mempermudah, berikut petunjuk pengisian form pembuatan email di gmail ini.

  • Nama Depan = Diisi dengan nama depan anda.
  • Nama Belakang = Diisi dengan nama belakang anda.
  • Pilih nama pengguna anda = Isi sesuai keinginan anda. Bagian yang ini, nantinya akan menjadi username alamat email anda. Dan setelah anda isi, jangan lupa klik tulisan “check availability” terlebih dahulu untuk melihat apakah username yang anda pilih masih tersedia atau tidak. Silahkan coba sampai ada tulisan “usernameanda is available”. Atau untuk versi terbaru akan secara otomatis mengecek ketersediaan alamat email yang anda ketikkan.
  • Buat Sandi = Masukan password sesuai keiginan anda (harap di ingat – ingat).
  • Konfirmasi sandi Anda = Masukan kembali password (harus sama seperti sebelumnya).
  • Tanggal lahir = diisi dengan tanggal lahir anda
  • Gender/kelamin = silahkan diisi dengan jenis kelamin anda.
  • Alamat email anda saat ini  = Jika anda sudah memiliki alamat email sebelumnya (bebas), silahkan masukan disini. Email ini digunakan oleh google untuk memberitahukan informasi yang diperlukan kepada anda.
  • Word Verification = Isikan huruf, sesuai dengan gambar.
  • Location = Indonesia (biarkan saja)

Setelah semua kolom diisi dan pastikan sudah benar sesuai petunjuk, klik “Saya menyetujui Persyaratan layanan dan kebijakan privasi google”.

Cara Mendaftar dan Membuat Blog Gratis di Blogger


Sekarang anda sudah memiliki email google saatnya mendaftar blogger, untuk itu lakukan panduan berikut ini:

  • Kunjungi link berikut blogger.com atau blogger.co.id
  • Masukan email yang sudah kamu buat >> Klik berikutnya lalu masukan password anda

  • Tunggu sampai proses loading selesai. Setelah proses tadi dilalui dengan tidak ada masalah maka akan muncul tampilan sebagai berikut. akan di minta memilih apakah blog ini akan digunakan terbatas atau untuk publik, jika untuk publik maka anda akan diminta membuat akun google plus, isi biodata yang di minta hingga selesai.

Tampilan tersebut adalah tampilan opsional apakah anda ingin membuat akun g+ atau tidak, saran saya buat saja karena banyak keuntungannya.Jika sudah isi form yang di minta google untuk akun google+ anda.

Setelah selesai membuat akun google+ maka anda akan mendapatkan/muncul tampilan blogger seperti berikut ini.


Nah, sekarang kita sudah berada di dalam akun blogger dan siap untuk membuat blog. huf, rehat bentar ya...sambil ngopi-ngopi juga boleh :)

Oke sudah semangat lagi? sekarang saatnya mulai ngeblog. Klik tulisan blog baru, dan tunggu sampai loading selesai dan muncul tampilan seperti ini.

  • Isi, Kolom Judul dengan judul apa saja sesuai selera anda, misalnya seperti blog saya ini Unix Blog Kom atau panduan belajar blogger dari nol.
  • Lalu tulis alamat blog anda, alamat blog ini juga sesuai selera anda misal: poliskom[dot]blogspot[dot]com. kata [dot] di tulis . (titik) saja. Tapi harus unik dan mencermintan blog anda.
  • Pilih Template sesuai selera anda, jangan khawatir template ini bisa anda ganti di kemudian hari jika anda bosan dengan template yang sudah di pilih saat ini. Jika anda bingung anda bisa membaca postingan saya mengenai “cara mengganti template blogger dengan mudah untuk pemula” disana sudah saya jabarkan mengenai 4 tips pokok template mulai dari pengertian, cara memilih template, cara memasang template, dan keuntungan mengunakan template berbayar.
  • Klik buat blok

Jika berhasil maka akan muncul tampilan dasbor blogger anda, dan selamat anda sudah berhasil membuat blog.


Oke, sekarang anda sudah bisa membuat pos atau tulisan di blog gratis anda, dan siap untuk share ke orang lain, jika sudah jangan lupa like and follow blog saya ini ya biar kita menjadi teman dan bisa saling berbagi :).

Jika ingin mendapat update artikel terbaru dari blog ini silahkan daftarkan email kalian supaya saya bisa mengabari kalian jika ada artikel baru yang saya buat.

Cara Membuat Postingan Awal Blog di Blogger


Untuk memulai membuat tulisan kalian tinggal klik kotak oranye bertuliskan Entri baru dan tunggu sampai terlihat tampilan berikut:


Menu-menu pada editor teks postingan blogger tersebut sudah saya jelaskan di postingan terdahulu mengenai “Panduan belajar blogger dari nol hingga mandiri untuk pemula”.

Pada postingan tersebut juga saya jabarkan mengenai:

  1. Alasan memilih blogger
  2. Cara daftar blog di blogger dengan langkah mudah
  3. Cara membuat postingan awal di blogger
  4. Cara memilih dan memasang widget di blogger
  5. Menu penting dan wajib diketahui oleh pengguna blogger

Monggo, silahkan di baca.......

Tips dari saya dalam membuat postingan awal, yaitu:

Buatlah artikel yang menggambarkan jenis blog kalian, jangan terlalu panjang 700 kata saja sudah lumayan bagus. namun ingat artikel ini sebaiknya mengandung informasi yang sangat berguna untuk pengunjung blog kalian nantinya, tidak mesti informasi yang wah....namun bermanfaat saja.

Seiring berjalannya waktu perbanyaklah jumlah postingan anda dengan panjang artikel min 1000 kata dengan disertai gambar, link, atau file apapun yang ada manfaatnya oleh pembaca blog anda agar lebih SEO.
Setelah itu promosikan ke jejaring sosial milik kalian.

Dan tunggu kepopuleran blog anda dimasa mendatang.

Cara Seting Dasar Blog Gratis di Blogger


Setelah anda berhasil membuat blog di blogger ada baiknya anda perlu melakukan beberapa setingan dasar tujuannya supaya blog yang anda buat ramah terhadap pengunjung dan search engina google.

Setingan blogger awal yang bisa kalian lakukan adalah:

  1. Merubah warna, ukuran, jarak tulisan di header dan footer blogger (sudah saya buat panduannya disini)
  2. Merubah ukuran teks postingan (sudah saya buat panduannya disini)
  3. Merubah deskripsi/uraian blogger
  4. Merubah jumlah postingan artikel yang ingin ditampilkan dalam satu halaman blog.
  5. Referensi penelusuran (meta deskripsi)

Lima setelan dasar ini saja sudah cukup buat blog 1 bulan kedepan, jika pengunjung blog sudah semakin bertambah maka setingan blog perlu dilakukan lagi. Nah untuk hal ini saya akan membahas pada pertemuan selanjutnya.

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga. Saya ucapkan selamat sekali lagi buat kamu yang sudah berhasil Mendaftar dan Membuat Blog Gratis di Blogger, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

Jangan lupa di share juga ke facebook, twitter, pinterest supaya yang lain juga tahu.

Jika ingin copy mohon sertakan sumbernya ya dan jika ada pertanyaan mohon komen dan jangan rasis ya :), terimakasih sudah berkunjung salam unix blog kom.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
BETFLIXPG
AUTHOR
9/04/2022 12:13:00 PM delete

วันนี้ เรา betflix888 ทางเข้า เว็บสล็อตออนไลน์ ชื่อดังอันดับหนึ่ง betflix มีเกม ให้สมาชิก ทุกท่านได้เลือกเล่นอย่างล้นหลาม โดยเฉพาะเกมสล็อต และ เกมคาสิโนออนไลน์

Reply
avatar