Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Netbook Yang Boros

Penyebap baterai boros-Tahukah kamu penggunaan netbook yang benar merupakan salah satu cara menghemat baterai netbook agar tidak boros daya?. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat umur baterai netbook yang kita miliki sehingga tidak mudah boros!.

Sebenarnya yang menyebabkan borosnya suatu daya baterai netbook di sebabkan penggunaan yang tidak sesuai aturan dan mekanisme yang ada, terutama kita yang memperoleh netbook hasil pembelian orang tua yang bukan merupakan uang sendiri.




Pengalaman saya saat masih berkuliah banyak teman-teman di kampus memperlakukan netbook yang ia miliki dengan cara yang bisa di bilang tidak menghargai barang yang ia miliki. Mereka memperlakukan netbook tidak sesuai prosedur yang sudah di tetapkan oleh vendor yang mengeluarkan produk tersebut. 

Seperti meletakan netbook di atas rumput saat menikmati fasilitas wifi kampus, install aplikasi atau software yang tidak di butuhkan, mengangkat netbook dengan cara memegang layar monitornya, menghidupkan netbook dalam kurun waktu yang lama, dan masi banyak lagi.


Contoh yang sudah saya sebutkan di atas merupakan sebagian kecil perbuatan yang dapat menyebabkan netbook yang kita miliki menjadi boros, jika hal tersebut kita lakukan terus menerus hanya tinggal menghitung waktu baterai netbook kita akan rusak.

Alasan mengapa perbuatan di atas dapat menyebapkan baterai netbook menjadi boros!. Diharapkan dengan mengetahui alasan berikut kita dapat menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan baterai netbook menjadi boros.

Penyebab #1 Baterai Netbook Menjadi Boros (Meletakkan Netbook Di Sembarang Tempat)


Ingat kawan netbook merupakan salah satu alat elektronik yang sumber dayanya berporos pada baterai yang tersusun oleh komponen elektronik dan bahan-bahan kimia lainnya. Biasanya bahan penyusun baterai netbook sangat sensitif oleh lingkungan sekitar.

Jika kita meletakan netbook di sembarang tempat seperti di atas rumput, di atas lantai keramik yang dingin saat kita menggunakannya hal tersebut dapat mengurangi kinerja dari baterai netbook.


Baterai netbook tersusun menjadi dua komponen yaitu baterai yang terbuat dari Cell Lithium dan Board battery. Dimana Cell Lithium berguna untuk menyimpan energi listrik sedangkan Board battery berguna untuk mengatur arus, menyimpan data/informasi yang ada pada cell lithium. Cell lithium merupakan bahan yang paling berbahaya karena tidak dapat mengendalikan diri sendiri, mudah meledak. Nah Loh...


Jika kita meletakan Netbook di sembarang tempat ada kemungkinanterjadinya perubahan dan fungsi dari kedua komponen tersebut sehingga baterai netbook tidak dapat bekerja secara optimal bahkan rusak. 

Penyebab #2 Baterai Netbook Menjadi Boros (Install Aplikasi atau Software Terlalu Banyak)


Fine fine aja jika kita ingin install aplikasi maupun software di netbook kita agar produktivitas meningkat. Namun berdasarkan pengamatan saya saat berkulia maupun mengamati komputer di fasilitas umum banyak menginstall aplikasi-aplikasi maupun software yang tidak di butuhkan.

Saya contohkan seorang teman saya yang senang melakukan browsing sana-sini untuk mencari informasi maupun sekedar update di medsos. Ketika saya melihat netbook yang ia miliki banyak sekali aplikasi maupun software yang ia install di netbooknya.

Ketika saya bertanya kepadanya ternyata aplikasi-aplikasi yang ada di netbooknya merupakan aplikasi yang di tawarkan oleh blog-blog yang ia kunjungi.saat mengunjungi blog yang bersangkutan teman saya tersebut langsung download dan insatall software tersebut dengan alasan ingin mencoba saja, sehingga tidak sesuai kebutuhan.

Bayangkan jika setiap blog yang kita kunjungi menawarkan suatu software ataupun aplikasi dan kita mendownload dan install aplikasi tersebut maka kemampuan netbook kita dalam hal kinerja akan berat dan pada akhirnya berpengaruh pada kemampuan baterai netbook dan akan menjadi boros.

Untuk itu bijaklah dalam install aplikasi maupun software untuk netbook kita, sesuaikan aplikasi dengan kebutuhan, jangan install aplikasi maupun software hanya karena ingin mencobanya saja.

Penyebab #3 Baterai Netbook Menjadi Boros (Tidak Instirahatkan Netbook Dalam Jangka Waktu Lama)


Pernahkah kamu menggunakan netbook dalam waktu yang lama? semisal 12 jam nonstop. Diluaran sana banyak sekali individu yang menggunakan perangkat komputernya dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini bisa disebabkan profesi yang individu tersebut geluti. Semisal seorang Blogger, Grafis Desainer, Developer, Ecomerse, maupun profesi-profesi yang berhubungan erat dengan komputer.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai Android

Jika kita amati wajar saja jika mereka menggunakan netbooknya lebih dari 12 jam penggunaan. Namun Jika kita hanya seorang yang suka browsing maupun bermain game di netbook lebih baik hindari perbuatan seperti ini.

Penggunaan netbook yang terlalu over tanpa mengistirahatkan netbook akan berdampak pada kinerja baterai netbook yang menurun jika di lakukan dengan kurun waktu yang lama. Netbook juga seperti kita yang perlu istirahat setelah melakukan aktifitas jadi bijaklah dalam menggunakan netbook kita untuk hal-hal yang kurang produktif.

Penyebab #4 Baterai Netbook Menjadi Boros (Install Aplikasi Yang Tidak Sesuai Spesifikasi Netbook)


Nah masalah satu ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang baru memiliki netbook ataupun perangkat komputer lainnya. Biasanya mereka masih kasmaran dengan perangkat yang ia miliki sehingga selalu menggunakannya untuk keperluan coba-coba.

Hal tersebut di perpara jika individu yang bersangkutan seorang penggemar game, maka ia akan segera install game ke netbook yang baru ia miliki.

Hal tersebut wajar saja, namun biasanya game ataupun software yang ia install kurang sesuai dengan spesifikasi netbook yang ia miliki misal spesifikasi netbook yang di miliki adalah 32 bit namun install game untuk 64 bit. Install aplikasi maupun game yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan menyebapkan terjadinya crash atau error pada kinerja netbook kita.

Lagi-lagi bijaklah dalam menginstall aplikasi baik game maupun software di netbook kita, usahakan lihat spesifikasi netbook yang kita miliki jika 32 bit maka pilihlah aplikasi, game, software yang untuk 32 bit dan sebaliknya.

Oke Itulah hal mengenai Penyebab dan Cara Menghemat baterai Netbook Yang boros semoga pos kali ini dapat memberikan manfaat untuk saya maupun anda sehingga kita bisa meminimalisir hal-hal yang dapat menyebabkan keborosan pada perangkat komputer kita baik netbook, notebook, laptot, maupun smartphone.

Jika pos kali ini dirasa bermanfaat maka sebarkan ke teman-teman kalian ya, dan jika ada pertanyaan maka tempatnya di coment, terimakasih sudah berkunjung di Unix Blog Kom ini, wassalam.

Related Posts :

2 Comments

  1. pgonly dinoplay เกมสล็อตออนไลน์กำลังเป็นที่นิยมอย่างแพร่หลาย และบริษัท PG Soft ได้นำเสนอประสบการณ์การเล่นที่ไม่เหมือนใครด้วยการผสมผสานระหว่างกราฟิกที่สวยงาม

    ReplyDelete