Apa Saja yang Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Netbook

Ketika ingin memilih sebuah netbook dari berbagai macam merk.....Pasti kita bertanya-tanya?, Apa saja kelebihan dan kekurangan netbook tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada penyesalan di kemudian hari, ketika kita membeli produk tersebut.
Setiap produk elektronik, seperti netbook tentulah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti harga murah, namun dengan spesifikasi satu tingkat diatas dari produk netbook lain dengan harga yang sama. Jangan sampai anda mengalami hal tersebut, karena akan sangat merugikan anda. Ditambah lagi jika uang kita pas-pasan. Untuk itulah diperlukan survei pasar untuk membandingkan berbagai hal mengenai produk netbook yang akan kita beli.

Sebelum itu mari kita bertanya mengenai:

Hal-Hal Dasar Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Netbook


  • Untuk keperluan apa netbook tersebut?
  • Seberapa sering rencana anda untuk menggunakan netbook?
  • Bagaimana mobilitas pekerjaan anda?

Pikirlah seperti poin pertama, untuk keperluan apa netbook yang akan dibeli. Dengan begitu kita dapat mengkaitkan antara kelebihan dan kekurangan netbook yang akan dibeli. Seberapa sering penggunaan netbook? baik untuk pekerjaan atau entertainment, serta bagaimana mobilitas pekerjaan anda, apakah banyak di luar ruangan atau di dalam ruangan. Dengan mempertimbangkan ketiga hal ini maka kita tinggal mencari tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari netbook yang akan kita incar.

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Netbook


  • Daya Tahan Baterai Lebih Tahan Lama: Karena di desain untuk mobilitas yang tinggi, baterai pada netbook merupakan sumber energi dan menjadi komponen yang penting keberadaannya. Secara umum, netbook menggunakan baterai dengan 2 jenis kapasitas, yaitu 3 Cell dan 6 cell. Bateria 3 Cell ini mempuntai kapasitas 2000 mAh dengan daya tahan 1 sampai 3 jam, sedangkan 6 cell mempunyai kapasitas 6600 mAh, dengan daya tahan 5-6 jam. Selain itu baterai 6 cell bentuknya lebih menonjol dibandingkan 3 cell, kerena jumlah cell yang lebih banyak untuk menampung energi.
  • Ukuran Kecil dan Mudah Dibawa Kemana-mana: Ukuran netbook sebenarnya tidak ada aturan baku, namun biasanya berukuran rentang antara 7 sampai 10 inch. Resolusi yang didukung oleh netbook 1024x600 pixel. Keuntungan netbook yang lain yaitu karena ukurannya yang kecil maka mudah dibawa kemana-mana terutama bagi kita yang memiliki mobilitas tinggi.
  • Harga Lebih Murah: Harga sebuah netbook biasanya berada di kisaran 4 juta bahkan ada yang 2 juta, hal ini akan menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan sebuah komputer portable, namun dengan harga yang terjangkau. 


Kekurangan Netbook


  • Kecepatan Lebih Lambat: Secara umum, netbook menggunakan Prosessor Intel Atom dengan kecepatan antara 1.33 sampai 1.66 GHz. Prosessor jenis ini hemat energi dan tidak mudah panas, namun kekuranganya adalah performa lebih lambat dibandingkan dengan prosessor pada notebook. Karena kinerja yang lambat maka tidak direkomendasikan untuk pekerjaan yang berat.
  • Periperal Kurang Lengkap: Dengan harga lebih murah, ukuran kecil, dan berat yang ringan mempunyai konsekuensi atau kekurangan tersendiri yaitu ketersediaan periperal yang tidak selengkap notebook. Seperti tidak adanya DVD-RW karena ukuran netbook yang lebih kecil sehingga tidak ada tempat untuk menyimpan DVD-RW. Karena tidak ada DVD-RW ini mengakibatkan pengguna tidak dapat melakukan transfer data kedalam kepingan CD atau DVD, tapi jangan khawatir karena netbook menyediakan Port USB yang dapat digunakan untuk menghubungkan DVD-RW Eksternal.
  • Ukuran Layar dan Keyboard Yang Kecil: Dengan layar yang kecil maka akan memaksa pengguna menatap ekstra konten yang ada di desktop, konsekuensinya mata menjadi cepat lelah. Kekurangan netbook yang lain adalah ukuran keyboard yang kecil dan tombol-tombol pada keyboard akan lebih rapat dibandingkan dengan notebook. Jika kita belum terbiasa kekurangan netbook ini akan begitu terasa apabila kita melalukan pengetikan. Namun anda bisa menggunakan keyboard eksternal jika merasa terganggu dengan keadaan ini.

Jika anda tidak berniat membeli netbook, coba saja membeli notebook, Sebelum itu baca juga Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan notebook.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan dari sebuah netbook, dengan membaca artikel ini diharapkan menjadi gambaran bagi kita yang ingin membeli netbook. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »